GSuite semua orang dapat berkolaborasi (Google Cloud Summit 2019, Jakarta)

Photo by Andrew Neel on Unsplash

Remote Working adalah sesuatu yang tak asing diucapkan dikalangan orang-orang IT, entah dia programmer, devops, maupun designer. Remote Working adalah suatu kegiatan dimana orang-orang bekerja diluar kantor, namun komunikasi tetap berlangsung secara baik. Remote Working dapat dilakukan dimana saja, di rumah, coworking space, coffee shop, maupun di kereta atau pesawat.

Mungkin kita akan bertanya, kenapa sih ada Remote Working? Apa enak nya?

Beberapa keuntungan melakukan remote working menurut Remote Year adalah:

  • Flexible Lifestyle, Keuntungan ini akan sangat dirasakan bagi orang yang sudah memiliki anak, dimana Flexible Lifestyle membuat kita dapat mengatur jam kerja dan waktu untuk bersama keluarga dan juga tak perlu ke kantor yang mungkin dapat menghabiskan waktu lebih lama diperjalanan.
Photo by Annie Spratt on Unsplash

Remote Working cuma buat orang IT doang nih?

Kalau programmer bisa bekerja remote menggunakan beberapa tools seperti Git, Slack, dan Trello dan designer bisa bekerja remote menggunakan tools seperti Invision dan Figma, bagaimana dengan yang non IT?

Pada conference Google Cloud Summit 2019 di Jakarta, Google menawarkan produk yang sangat berguna untuk kolaborasi yaitu GSuite. Ada empat pilar yang google tawarkan pada produk ini yaitu:

  • Connect, Jangkau rekan kerja Anda dimana pun mereka berada. (Mail, Calendar, Hangout)

Dengan fitur-fitur yang diberikan Google pada GSuite membuat pekerja dibidang non IT dapat melakukan remote working secara realtime.

Google Cloud Summit 2019 di Jakarta

Kesimpulan

Remote working adalah suatu metode kerja yang baru nge-trend beberapa tahun kebelakang. Remote working tak selalu berbuahkan hal-hal positif, namun remote working pun memiliki beberapa kekurangan dari sisi perusahaan maupun employee nya.

Mau berdiskusi tentang Remote Working? yuk connect saya di Linkedin (taufanfadhilahiskandar) dan Instagram (@taufanfadhilah)!

Software Engineer, connect me https://www.linkedin.com/in/taufanfadhilahiskandar/